KEPASTIAN HUKUM PENDAFTARAN MEREK BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESIA

Fadillah Aprilia, 191000336 (2025) KEPASTIAN HUKUM PENDAFTARAN MEREK BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
cover.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstract

Merek merupakan salah satu komponen utama untuk kemajuan perdagangan yang menjadi identitas dari sebuah usaha sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek Dagang dan Indikasi Geografis. Semakin meningkatnya industri kreatif utamanya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menjadikan merek sebagai hal yang krusial dan harus dilakukan secara masif. Namun pada kenyataannya masih banyak pelaku UMKM yang tidak mendaftarkan merek usahanya karena berbagai kendala. Berdasarkan latar belakang tersebut, identifikasi permasalahannya adalah: Bagaimana kepastian hukum aturan pendaftaran merek bagi pelaku UMKM sebagai salah satu sarana penunjang perekonomian masyarakat Indonesia?; Bagaimana pelaksanaan pendaftaran merek bagi pelaku UMKM sebagai salah satu sarana penunjang perekonomian masyarakat Indonesia?; Bagaimana penyelesaian permasalahan pendaftaran merek bagi pelaku UMKM sebagai salah satu sarana penunjang perekonomian masyarakat Indonesia? Penulisan skripsi ini menggunakan metode dengan spesifikasi penelitian hukum normatif dan metode pendekatan yuridis normatif yang memfokuskan pada analisis dokumen hukum yang kemudian dikaitkan dan dianalisis berdasarkan permasalahan yang diteliti. Tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara. Alat pengumpulan data pada studi dokumen berupa pembahasan yang relevan dengan topik penelitian dan alat pengumpulan data pada wawancara menggunakan daftar pertanyaan serta alat perekam suara. Analisis data yang digunakan adalah Yuridis Kualitatif, yakni menganalisis bahanbahan hukum secara normative lalu dihubungkan dengan permasalahan pada penelitian ini. Penilitian ini menunjukkan hasil bahwa perlindungan hukum yang diberikan oleh Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek Dagang dan Indikasi Geografis mencakup hak eksklusif bagi pemilik merek serta perlindungan dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain. Pendaftaran merek bagi UMKM seperti Bread.Co, Chicken Sumo, dan Teh Cap Poci Es Teh tidak hanya memberikan perlindungan hukum tetapi juga meningkatkan nilai ekonomi perusahaan. Konsekuensi yang timbul akibat tidak didaftarkannya merek dapat menimbulkan sengketa di mana merek didaftarkan lebih dulu oleh pihak lain sehingga pemilik asli kehilangan hak atas merek tersebut, hal ini dapat ditindaklanjuti dengan melakukan pelaporan melalui layanan E-lapor yang dapat diakses melalui situs web DJKI untuk menyelesaikan sengketa merek ataupun dengan menempuh jalur hukum melalui gugatan keperdataan. Kata Kunci: Kepastian Hukum; Merek; UMKM; Perekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2025
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:39
Last Modified: 25 Jun 2025 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76951

Actions (login required)

View Item View Item