Pujiastuti, Sulastri (2025) Pengembangan Bahan Ajar M-Learning Materi Peluang Berbasis Games Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self-Confidence Peserta Didik. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
ARTIKEL (PJME) SULASTRI PUJIASTUTI.docx Download (116kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan bahan ajar m-learning berbasis games yang berfokus pada kemampuan berpikir reflektif, dan (2) menganalisis kemampuan berpikir reflektif setelah menggunakan bahan ajar m-learning berbasis games. Model pengembangan Plomp digunakan dalam pembuatan materi pembelajaran m-learning. Langkah-langkah yang terlibat dalam proses ini adalah sebagai berikut: fase investigasi awal, fase design/perancangan, fase realisasi/kontruksi, fase tes, evaluasi dan revisi serta fase implementasi. Dua ahli media dan lima ahli materi bekerja sama untuk membuat materi pembelajaran m-learning. 32 siswa kelas X TKJ SMK Pasundan 2 Bandung berpartisipasi dalam uji coba. Tes kemampuan reflektif matematika, angket, wawancara, dan lembar validasi adalah instrumen yang digunakan. Bahan ajar berbasis m-learning ini dapat menjadi salah satu pilihan alternatif dalam pembelajaran peluang. Berdasarkan hasil penelitian, (1) bahan ajar matematika berorientasi kemampuan berpikir reflektif m-learning masuk dalam kategori sangat layak berdasarkan respon peserta didik dan penilaian validasi ahli, dan (2) kemampuan berpikir reflektif menggunakan bahan ajar m-learning masuk dalam kriteria sedang dan cukup reflektif. Keywords: bahan ajar, berpikir reflektif, m-learning, pengembangan, matematika
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:15 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |