PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF DIORAMA PEMBERSIHAN AIR MUSEUM SITUS KEPURBAKALAAN BANTEN LAMA. M.Deni Sudrajat:206010041

M.Deni Sudrajat dan, Muammar Mochtar, S.Ds,. M.Ds (2025) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF DIORAMA PEMBERSIHAN AIR MUSEUM SITUS KEPURBAKALAAN BANTEN LAMA. M.Deni Sudrajat:206010041. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
awal.pdf

Download (263kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (140kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Museum menyediakan sumber daya yang tak ternilai untuk mempelajari dan memahami warisan sejarah suatu bangsa. Salah satu contohnya adalah Museum Situs Arkeologi Banten Lama (MSKBL), yang juga dikenal sebagai Museum Banten Lama. Salah satu inovasi signifikan yang saat ini digunakan di museum adalah penerapan media interaktif, yang memungkinkan interaksi timbal balik antara pengunjung dan konten yang dipamerkan. Tidak seperti media tradisional yang cenderung pasif, media interaktif mendorong partisipasi, eksplorasi, dan kontribusi pengunjung terhadap proses pembelajaran. Penggunaan media interaktif diharapkan dapat memfasilitasi pemahaman pengunjung terhadap warisan budaya dan meningkatkan pengalaman edukasi yang ditawarkan oleh museum. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media interaktif yang dapat membantu menjelaskan informasi dari salah satu koleksi yang ada di Museum Banten. Penelitian ini menggunakan metodologi design thinking. Design thinking merupakan metode yang efektif untuk mengembangkan solusi yang kreatif dan bermanfaat, karena menekankan pada pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pengguna dan menghasilkan solusi melalui proses kolaboratif dan berulang. Selain itu, penelitian ini juga didukung oleh metode pengumpulan data termasuk observasi lapangan ke beberapa museum, membuat kuesioner, dan wawancara dengan pihak museum dan pengunjung museum. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan mampu membantu pengunjung dalam memahami salah satu koleksi yang ada di Museum Banten serta dengan adanya sistem interaktif dapat meningkatkan experience pengunjung saat berkunjung ke Museum Banten. Kata kunci: Museum Banten Lama, Pengindelan, Sejarah Banten, media interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2025
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:04
Last Modified: 16 Jun 2025 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76852

Actions (login required)

View Item View Item