STRATEGI BRAND POSITIONING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA BENGKEL MOSCOW (Modern Scooter Way) DI KOTA BANDUNG

Irawan, M Alif Fikry Nur Alia (2025) STRATEGI BRAND POSITIONING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA BENGKEL MOSCOW (Modern Scooter Way) DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Abstrak_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Kata Pengantar_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Isi_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Bab 1_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab 2_M Alif Fikry_212040054.pdf

Download (431kB)

Abstract

Perkembangan Industri otomotif di Indonesia khususnya Industri Bengkel vespa yang saat ini kian pesat, termasuk Kota Bandung salah satunya yaitu Bengkel Moscow (modern scooter way) di Kota Bandung. Semakin banyaknya pengusaha di bidang sejenis membuat setiap pelaku usaha di tuntut untuk selalu bertahan dan terus berkembang dalan persaingan. Maka, dibutuhkan Strategi Brand Positioning yang tepat agar setiap pelaku usaha Bengkel vespa dapat bertahan dan tertanam di benak konsumen. Media sosial pada era digital ini merupakan salah satu wadah yang efektif untuk melakukan pembentukan Brand Positioning. Salah satunya melalui media sosial berupa Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Brand Positioning yang dilakukan oleh Bengkel Moscow (modern scooter way) di Kota Bandung melalui lima indikator Brand Positioning menurut Susanto dan Himawan yaitu value, uniqueness, credibility, sustainability, dan suitability yang dilakukan melalui media sosial berupa Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualititatif. Teknik pengumpulan data primer yang dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dari buku buku dan jurnal, serta Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bengkel Moscow (modern scooter way) di Kota Bandung telah memiliki lima indikator yang digunakan untuk mengoptimalkan Strategi Brand Positioning yaitu value, uniqueness, credibility, sustainability, dan suitability melalui media sosial berupa Instagram sebagai wadah yang efektif guna meningkatkan persepsi yang ingin dibentuk pada benak konsumen serta membedakannya dengan brand pesaing sehingga Strategi Brand Positioning terbentuk dengan sempurna. Hambatan yang dihadapi dalam membangun Staregi Brand Positioning melalui media sosial berupa Instagram Bengkel Moscow (modern scooter way) di Kota Bandung yaitu Perkembangan trend yang berubah-ubah, Pemilihan kata atau tema pada konten yang akan dipublikasikan, algoritma pada media sosial yang tidak menentu, dan keterbatasan anggaran. Saran peneliti sebagai berikut mengoptimalkan suitability dengan mencoba ide konten baru sesuai trend, menggunakan gaya bahasa yang relevan dengan budaya masing masing platfrom dan mempertahankan kualitas konten serta membutuhkan content creator agar dapat membantu memperkenalkan dan mepromosikan kepada audiens yang lebih luas. Kata Kunci: Brand Positioning, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:32
Last Modified: 04 Jun 2025 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76832

Actions (login required)

View Item View Item