NURLIANI SYIFA, 155030013 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN TERHADAP PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL SOMATIC-AUDITORYVISUALIZATION-INTELECTUALLY (SAVI) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (88kB) |
Abstract
Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, adalah: 1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks tanggapan terhadap puisi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan menggunakan model Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (SAVI) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung? Hal ini terbukti dari hasil perencanaan pembelajaran dengan nilai sebesar 3,86 dan pelaksanaan pembelajaran 3,79. Penulis mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik (A); 2) Bagaimanakah kemampuan menulis teks tanggapan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung dalam memberi tanggapan terhadap sebuah puisi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan sebelum menggunakan model Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (SAVI)? Hal ini dibuktikan dengan selisih nilai rata-rata prates sebesar 20,4 dan nilai pascates sebesar 86,6 dengan selisih sebesar 66,2; 3) Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis teks tanggapan terhadap puisi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan menggunakan model Somatic-AuditoryVisualization-Intellectually (SAVI) sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Demonstrasi? Ada perbedaan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol; 4) Bagaimanakah keefektifan model Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (SAVI) digunakan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan terhadap puisi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan pada kelas eksperimen? Hal tersebut terbukti pada uji mann-whitney yang menunjukkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05; 5) Adakah perbedaan keefektifan model SomaticAuditory-Visualization-Intellectually (SAVI) sebagai kelas eksperimen dengan metode Demonstrasi pada pembelajaran menulis teks tanggapan terhadap puisi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan? Uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 83,64 dengan kategori cukup efektif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 61,37 kategori tidak efektif. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, teks tanggapan/ulasan puisi, model SomaticAuditory-Visualization-Intellectually (SAVI).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:40 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |