The Influence of Compensation, Competency and Organizational Culture on Commitment, and the Implications for the Performance of Vocational School Teachers in the Greater Tangerang Region, Banten Province

Rostikawati, Dian and Affandi, Azhar and Rusilowati, Umi and Priadana, Sidik and Sudirman, Iman (2025) The Influence of Compensation, Competency and Organizational Culture on Commitment, and the Implications for the Performance of Vocational School Teachers in the Greater Tangerang Region, Banten Province. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
Dian Rostikawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan pilar fundamental dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi. Di Indonesia, pendidikan menempati posisi strategis sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945, yang menjamin hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Dalam era globalisasi, perubahan yang cepat di berbagai bidang menuntut SDM untuk mampu beradaptasi dengan dinamika lingkungan politik, budaya, ekonomi, dan strategis. Sebagai bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia menghadapi tantangan dalam menghasilkan SDM yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat internasional, sehingga pendidikan menjadi faktor kunci dalam menyiapkan SDM berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kompensasi, kompetensi, dan budaya sekolah terhadap komitmen kerja dan kinerja guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Tangerang Raya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 330 guru tetap melalui kuesioner terstruktur. Analisis dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang menunjukkan bahwa kompensasi, kompetensi, dan budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja dan kinerja guru. Di antara variabel tersebut, kompetensi memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh kompensasi dan budaya sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan pendidikan berkelanjutan sangat penting untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, budaya sekolah yang suportif dan pemberian kompensasi yang layak merupakan faktor penting yang dapat mendorong peningkatan kinerja guru. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan pendidikan dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan kejuruan di Indonesia, khususnya di wilayah Tangerang Raya. Studi ini menekankan pentingnya upaya terpadu dalam meningkatkan kompensasi, kompetensi, dan budaya sekolah untuk memperkuat komitmen dan kinerja guru, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada mutu pendidikan yang lebih baik dan lulusan yang lebih kompeten.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 15 May 2025 03:49
Last Modified: 15 May 2025 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75285

Actions (login required)

View Item View Item