Fauzi, Hilman and Yaniawati, Poppy and Murdikah, Achmad (2025) Development of Ethnomathematics Teaching Materials Based on Google Sites to Improve Students’ Mathematical Literacy and Learning Motivation Using a Differentiated Approach. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
PJME HILMAN FAUZI- 2024.docx Download (669kB) |
Abstract
Hilman Fauzi (2025) : “Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Motivasi Siswa menggunakan pendekatan Diferensiasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar etnomatematika berbasis Google Sites yang dirancang untuk meningkatkan literasi matematika dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan diferensiasi. Pengembangan dilakukan melalui model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Materi difokuskan pada topik transformasi geometri yang dikaitkan dengan konteks budaya lokal, seperti motif batik dan pola arsitektur tradisional, serta disajikan melalui media digital yang interaktif. Hasil validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa bahan ajar ini valid dan layak digunakan. Implementasi di kelas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa secara signifikan. Pendekatan diferensiasi memungkinkan siswa belajar sesuai dengan gaya dan kebutuhan masing-masing, sementara penggunaan Google Sites mempermudah akses dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar ini dinilai efektif dalam mendukung pembelajaran matematika yang kontekstual, adaptif, dan bermakna. Kata Kunci : bahan ajar, etnomatematika, Google Sites, literasi matematika, motivasi belajar, pendekatan diferensiasi
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:58 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |