Zalfa Qurrotu Aini, 210010020, Aini Zalfa Qurrotu, 210010020 (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN TELEPON SELULER BERLEBIH TERHADAP OCCIPUT TO WALL DISTANCE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (534kB) |
Text
Bab II.pdf Download (690kB) |
|
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
![]() |
Text
Turnitin.pdf Download (7kB) |
Abstract
HUBUNGAN PENGGUNAAN TELEPON SELULER BERLEBIH TERHADAP OCCIPUT TO WALL DISTANCE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN Latar Belakang : Perkembangan IPTEK mendorong terciptanya inovasi teknologi, termasuk telepon seluler, yang menjadi alat penting dalam kehidupan sehari-hari. Telepon seluler tidak hanya memudahkan komunikasi dan akses informasi, tetapi juga menjadi platform utama untuk hiburan, termasuk game online dan e-sport. Namun, penggunaan telepon seluler berlebih, terutama dalam onset dan durasi, dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan, khususnya musculoskeletal disorders. Metode : Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan yang memiliki kebiasaan menggunakan telepon seluler berlebih. Hasil : Berdasarkan temuan yang diperoleh, Sebagian besar responden telah bermain game online lebih dari 5 tahun, yakni 18 orang (72%) dari 25 responden. Selain itu, mayoritas responden menghabiskan waktu bermain game online selama 1 – 2 jam setiap hari, yang tercatat pada 10 (40%) dari 25 responden. Hasil uji korelasi antara onset bermain game online dengan hasil pengukuran occiput to wall distance menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,389, yang menandakan tidak adanya korelasi yang signifikan. Demikian juga, uji korelasi antar durasi bermain game online dengan hasil pengukuran occiput to wall distance menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,707, yang juga menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi signifikan. Simpulan : Tidak terdapat korelasi antara onset bermain game online dan durasi rata-rata bermain game online setiap hari dengan hasil pengukuran occiput to wall distance. Kata Kunci : : Ilmu pengetahuan dan teknologi, telepon seluler, game online, Mobile Legends: Bang Bang, postur tubuh, musculoskeletal disorders
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science and technology, mobile phones, online games, Mobile Legends: Bang Bang, posture, musculoskeletal disorders. |
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2025 |
Depositing User: | Mr Perpustakaan FK |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:09 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |