Zakiyah, Siti Nur Lailatuz (2025) PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKUN INSTAGRAM @KATSUDOTO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VENDOR UNDANGAN DIGITAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (612kB) |
Abstract
Pengguna Instagram terus bertambah setiap tahunnya, maka dari itu banyak sekali para pembisnis yang memanfaatkan hal tersebut untuk bersaing dalam mempromosikan suatu barang atau jasa melalui media sosial khususnya Instagram sebagai sarana pemasaran secara online. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet sebagai proses bisnis dengan memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi, salah satunya yang dilakukan oleh perusahaan Katsudoto yang bergerak dalam bidang jasa yaitu Vendor Undangan Digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh akun Instagram @katsudoto terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap layanan vendor undangan digital, dengan menggunakan pendekatan teori AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada responden yang merupakan pengikut akun @katsudoto di Instagram. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda untuk mengukur hubungan antara strategi komunikasi pemasaran dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 35,313 dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel Attention, Interest, Search, Action, dan Share berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian vendor undangan digital melalui akun Instagram @katsudoto. Namun berdasarkan hasil uji t parsial, diketahui bahwa variabel Action (X4) dan Share (X5) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,005 dan 0,004 (< 0,05). Sementara itu, variabel Attention (X1), Interest (X2), dan Search (X3) memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, sehingga dinyatakan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian vendor undangan digital di akun Instagram @katsudoto. Dengan itu, disarankan agar akun Instagram @katsudoto lebih fokus memperkuat strategi yang mendorong konsumen untuk melakukan tindakan pembelian (Action) dan berbagi pengalaman positif (Share). Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Keputusan Pembelian, AISAS, Undangan Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:10 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |