PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA VI SUBTEMA I KELAS VI SDN CIBORERANG I

Hayatan, Ariel Mulki, 195060096 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA VI SUBTEMA I KELAS VI SDN CIBORERANG I. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa kurang anusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar pembelajaran IPS antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan ialah quasi-eksperimental design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa keas VI SDN Ciborerang I yang terdiri dari 2 kelas yaitu VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah mengguaakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian berupa soal yang sama dan lembar observasi penilaian sikap soisial. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan uji effect size. Di dapati hasil sebesar 2,20 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran problem based learning pada Tema VI Subtema I terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Apr 2025 09:10
Last Modified: 22 Apr 2025 09:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75145

Actions (login required)

View Item View Item