Royan, Gladiest Rodifa (2025) ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING (STP) PADA BANK MUAMALAT KC BALIKPAPAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (291kB) |
Abstract
©PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) merupakan salah satu bank syariah di Indonesia. Bank Muamalat merupakan bank pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah dan didirikan pada tahun 1992 oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Namun hingga tahun 2020 telah terdapat 33 bank syariah di Indonesia yang menyebabkan persaingan penawaran produk menjadi lebih ketat di Indonesia terutama bagi Bank Muamalat Balikpapan yang harus melakukan pemasaran untuk menarik lebih banyak masyarakat di Kota Balikpapan sebagai pelanggan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) di Bank Muamalat KC Balikpapan. Penelitian kali ini berfokus pada bagaimana Bank Muamalat KC Balikpapan menerapkan strategi segmenting, targeting, dan positioning serta faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan STP tersebut. Selain itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu gambaran umum pada Bank Muamalat KC Balikpapan, baik dari sejarahnya, struktur kerja dan pembagian kerja, hingga produk-produk yang tersedia di Bank Muamalat KC Balikpapan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer yaitu dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dan data sekunder yaitu analisis data dengan langkah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrument penelitian pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Segmentasi Bank Muamalat KC Balikpapan untuk konsumen dibagi menjadi segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Namun strategi segmentasi yang digunakan yaitu fokus pada geografis,psikografos, dan perilaku. Adapun strategi targeting yang digunakan oleh Bank Muamalat KC Balikpapan adalah diferensiasi (differentiated marketing), yaitu menawarkan berbagai produk untuk segmen berbeda yang terbagi menjadi SME, KPR, multiguna karyawan, tabungan haji, hingga nasabah yang menggunakan produk layanan biasa. Adapun positioning yang diterapkan Bank Muamalat KC Balikpapan yaitu dengan strategi atribut yaitu dengan memberikan produk dan layanan berbasis syariah. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh Bank Muamalat KC Balikpapan dalam melakukan strategi segmenting, targeting, dan positioning antara lain minimnya ketersediaan mesin ATM, persaingan ketat dengan Bank Syariah Indonesia, serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai perbankan syariah. Adapun upaya yang dilakukan antara lain memberikan seminar atau sosialisasi mengenai perbankan syariah kepada Masyarakat, menguatkan branding, mencari keunggulan dari kompetitor, serta meningkatkan aksesibilitas layanan. Kata kunci: Bank Syariah, Muamalat, Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |