Syakira, Najwa Putri (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SANGKURIANG CAR WASH. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (FIX).pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (FIX).pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN (FIX).pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (316kB) |
Abstract
Sangkuriang Car Wash merupakan salah satu bisnis dibidang jasa yang berdiri dari tahun 2019 yang terletak di Jl. Sangkuriang No. 55, Cipageran, Kota Cimahi. Usaha car wash ini mempunyai beberapa pelayanan seperti cuci mobil, cuci motor, detailing mobil, dan car fogging. Pada penelitian ini adanya masalah pada proses pengerjaan cuci mobil dikarenakan pergantian carlift hal ini membuat proses pencucian mobil membutuhkan waktu yang lebih lama dan kurang maksimalnya dalam pencucian bagian bawah mobil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survei deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas instrumen, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, korelasi rank spearman, analisis koefisiensi determinasi, uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diketahui hasil analisis validitas instrumen Variabel X dan Variabel Y menunjukkan hasil yang valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabel yaitu instrumen dapat memberikan hasil yang konsisten. Hasil uji rank spearman antara Kualitas Pelayanan Jasa (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) menunjukkan hasil yang kuat, oleh karena itu hubungan antara Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) memiliki tingkat hubungan yang kuat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti pada perusahaan adalah evaluasi kembali kekurangan dalam memberikan pelayanan karena hal tersebut dapat memicu kepuasan konsumen seperti waktu pengerjaan dan membuat lahan yang lebih luas untuk area tunggu konsumen, agar konsumen merasa lebih nyaman saat menunggu. Dan saran untuk peneliti selanjutnya berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Variabel X (Kualitas Pelayanan Jaasa) terhadap Variabel Y (Kepuasan Konsumen) sebesar 52.7% yang mana terdapat pengaruh yang positif, adapun variabel lain yang tidak diteliti yaitu faktor epsilon (ε) sebesar 47,3%. Adapun variabel-variabel lain yang tidak peneliti lakukan yang menunjukkan faktor epsilon sebesar 47,3% adalah Lokasi dan Brand Awareness, atas hal tersebut peneliti merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut diluar daripada variabel yang tidak peneliti lakukan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Jasa, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |