NUGRAHA MUHAMMAD HABIL DWI, 195050014 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
cover.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Doc2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa sangat perlu untuk ditingkatkan, karena melalui komunikasi matematis siswa dapat melakukan organisasi berpikir matematisnya baik secara lisan ataupun tulisan. Model Problem Based Learning , dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui self-confidence siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan 3) untuk mengetahui korelasi positif anatara komunikasi matematis siswa, Self-Confidence siswa dan model pembelajaran Problem based learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model problem based learning dan siswa kelas VIII-D digunakan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) SelfConfidence siswa yang memperoleh model problem based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan 3) terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problem based learning. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:24 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |