Febrianti Astri Nurazizah, 195060050 (2025) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SDN 2 CIKOPO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN (1).pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Kemandirian belajar adalah kegiatan belajar yang terjadi karena dorongan untuk menguasai suatu pengetahuan atau kompetensi dengan tidak bergantung pada orang lain. Kemandirian belajar dibangun atas niat atau kemandirian pribadi dalam pengaturan strategi pembelajaran yang di dorong oleh kemauan, pilihan dan tanggung jawab dari pembelajar itu sendiri. Adapun rumusan masalah yang diangkat peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa SDN 2 Cikopo?; 2) Bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa di sekolah? 3) Bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa di rumah? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua siswa; 2) Untuk mengungkapkan tingkat kemandirian pada siswa di sekolah; 3) Untuk mengetahui tingkat kemandirian siswa di rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bermula dari suatu teori menuju bentuk perolehan suatu data numerik di lapangan. Pendekatan penelitian merupakan salah satu aspek penting dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Pendekatan penelitian kuantitatif disebetut juga pendekatan positivistic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Tingkat Pengaruh Perhatian orang Tua terhadap kemandirian belajar siswa memperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.792 artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel Perhatian orang tua dengan variabel Kemandirian belajar siswa adalah sebesar 0.792 atau sangat kuat. Korelasi signifikan sebesar 0.01. Tingkat kemandirian belajar siswa di sekolah bernilai positif, yaitu 0.792 sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa kualitas semakin ditingkatkan kualitas produk maka kemandirian belajar siswa juga akan meningkat. berdasarkan data pengambilan keputusan tersebut yang diperoleh dari 30 responden adalah -0.362 maka data t tabel yang diperoleh adalah 0,361 maka disimpulkan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel pengaruh perhatian orang tua (X) terhadap variabel kemandirian belajar siswa (Y). Perhatian orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa hal ini ditujukkan pada uji korelasi yang menunjukkan nilai adjusted R square (koefisien determinasi) sebesar 0,074 yang attinya pengaruh variabel independent (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 74%. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 01:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |