PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

MAYANGSARI INTAN, 185060153 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V di SDN 251 Jamika Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian agar kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model Problem Based Learning meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen, menggunakan kelompok pembanding. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V sebanyak 52 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa dan kelas VB sebagai kelas eskperimen dengan jumlah 26 siswa. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 61% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 44% Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:44
Last Modified: 21 Apr 2025 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75018

Actions (login required)

View Item View Item