PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMNT

Fajar, Calvin Vadhya (2025) PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMNT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Kata Pengantar_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Cover_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Abstrak_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Daftar Isi_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Bab 1_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Bab 2_Calvin Vadhya Fajar.pdf

Download (433kB)

Abstract

Fely Creative Space adalah perusahaan yang menyediakan alternatif rekreasi di Kiara Artha Park dengan mengembangkan "Creative Space" untuk mendukung kegiatan sosial dan komunitas. Perusahaan aktif membuat konten untuk menarik audiens. Namun, penurunan interaksi penonton menunjukkan bahwa efektivitas content marketing terhadap customer engagement masih kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh content marketing tiktok Fely Creative Space terhadap customer engagement. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara dan angket yang diberikan kepada audiens TikTok Fely Creative Space dengan jumlah responden sebanyak 83 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis menggunakan skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara content marketing tiktok Fely Creative Space terhadap customer engagement. Serta menunjukan bahwa kontribusi atau pengaruh content marketing terhadap customer engagement sebesar 86%, dan sebesar 14% dipengaruhi oleh faktor lain diluar content marketing seperti, segmentasi pasar, branding dan kualitas produk/jasa. Adanya hambatan-hambatan yang dialami yaitu content yang dipublikasikan kurang relevan dengan kebutuhan audiens dan kurangnya penyuntingan struktural content dalam penyampaian isi konten yang membuat audiens sulit memahami tujuan pembuatan content tersebut. Saran dari peneliti untuk perusahaan adalah sebaiknya bisa untuk lebih terstruktur dalam pembuatan konten agar lebih mudah dipahami dan sesuai dengan prefensi audiens. Dan juga dapat membuat konten yang bisa memberikan interaksi kepada audiens secara langsung agar dapat meningkatkan kepercayaan dan hubungan yang lebih erat dengan audiens. Kata kunci: content marketing, customer engagement

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:03
Last Modified: 17 Apr 2025 06:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74979

Actions (login required)

View Item View Item