PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

DIAH NISANAH, 205050001 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (983kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif anatara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yng memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket selfconfidence. Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problembased learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (3) terdapat korelasi postif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan selfconfidence siswa melalui model problem-based learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Problem-Based Learning (PBL), Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Apr 2025 08:55
Last Modified: 15 Apr 2025 08:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74901

Actions (login required)

View Item View Item