DIAH NISANAH, 205050001 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (983kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif anatara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yng memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket selfconfidence. Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problembased learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (3) terdapat korelasi postif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan selfconfidence siswa melalui model problem-based learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Problem-Based Learning (PBL), Video Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 08:55 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 08:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |