Fidela, Carmenia (2025) STUDI KOMPARASI ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FISIP UNPAS ANGKATAN 2021. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - CARMENIA FIDELA 212040094.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB 2 SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI - CARMENIA FIDELA - 212040094.pdf Download (551kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara konsumen mengambil keputusan pembelian, terutama di platform e-commerce seperti Shopee. Mahasiswa sebagai generasi digital sering mengandalkan informasi dari ulasan pelanggan dan rekomendasi influencer sebelum membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh Online Customer Review dan Influencer Review terhadap keputusan pembelian mahasiswa FISIP UNPAS Angkatan 2021 di Shopee. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada responden sebanyak 91 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer review memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa, sementara Online Customer Review tidak berpengaruh secara signifikan. Ini mengindikasikan mahasiswa lebih mempercayai rekomendasi dari influencer dibandingkan ulasan pelanggan lain dalam menentukan pilihan produk di Shopee. Berdasarkan temuan ini, pelaku bisnis di Shopee disarankan untuk lebih mengoptimalkan pemasaran melalui influencer yang kredibel dan relevan dengan produk yang dipromosikan. Meskipun online customer review tidak berpengaruh membangun reputasi jangka panjang. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan responden atau menambahkan variabel lain seperti harga dan loyalitas merek untuk analisis yang lebih komprehensif. Kata kunci : Ulasan Pelanggan Lain, Ulasan Influencer, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 08:23 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 08:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |