PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PELAJARAN IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Hendriyani Siska, 205060194 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PELAJARAN IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Pemahaman Konsep Pelajaran Ipas Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 056 Garuda Dadali, dengan sampel penelitian siswa kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep pelajaran IPAS. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu terdapat peningkatan pada pemahaman konsep peserta didik di mata pelajaran IPAS yang menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book lebih tinggi daripada peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% siswa mampu menafsirkan informasi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya, 30,53% siswa mampu mengklasifikasikan informasi sesuai contoh dan konsep, 70,80% siswa mampu membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan dengan perhitungan yang logis, 65,65% siswa mampu membandingkan dua objek atau lebih, 56.10% siswa mampu memberikan contoh dari pemahaman konsep yang didaptkan saat pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPAS, Pop-Up Book.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:50
Last Modified: 17 Mar 2025 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74803

Actions (login required)

View Item View Item