ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNA E-COMMERCE PADA APLIKASI SHOPEE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Penelitian Pada Mahasiswa/i Akuntansi Universitas Pasundan Bandung Angkatan 2020)

Sri Rahayu Setiawati, 204020012 and Dr.H. Sasa S Suratman,SE.,MSIE,Ak,CA, Pembimbing I (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNA E-COMMERCE PADA APLIKASI SHOPEE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Penelitian Pada Mahasiswa/i Akuntansi Universitas Pasundan Bandung Angkatan 2020). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna dalam menggunakan aplikasi e-commerce Shopee dengan menggunakan pendekatan “Technology Acceptance Model (TAM)”. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, risiko, kepercayaan, dan sikap atas penggunaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 52 responden yang merupakan mahasiswa/I Universitas Pasundan Bandung yang aktif menggunakan aplikasi Shopee. Teknik sampling menggunakan teknik Probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Methode of Successive Interval (MSI), Uji Validitas, Analisis Regresi Berganda, Analisis Korelasi, Uji Hipotesis Parsial dan Uji Analisis Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Shopee pada mahasiswa sebesar 13,3%, persepsi kegunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Shopee pada mahasiswa sebesar 14,1%, risiko berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Shopee pada mahasiswa sebesar 18,4%. Kepercayaan berpengaruh terhadap minat pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa sebesar 17,3% dan sikap atas penggunaan berpengaruh terhadap minat pengguna aplikasi Shopee sebesar 18,1%. Kata Kunci: e-commerce, Shopee, TAM, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, risiko, kepercayaan, sikap penggunaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:26
Last Modified: 06 Mar 2025 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74709

Actions (login required)

View Item View Item