PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Tunas Baru Ciparay Tahun Ajaran 2023/2024)

Arum Ayu Sekar, 205030018 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Tunas Baru Ciparay Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang paling dianggap sulit disekolah. Kurang diperhatikannya keberlangsungan pembelajaran menulis membuat rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis cerpen. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama, peserta didik masih kesulitan dalam berimajinasi, mengembangkan tema. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model picture and picture bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMA Tunas Baru Ciparay, diantaranya kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata pratest kelas eksperimen sebsesar 57,66 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascatest menjadi sebesar 80,66 dengan persentase kenaikan sebesar 46.51 Sedangkan hasil rata-rata pratest kelas kontrol sebesar 40,83 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascatest 55,83 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 22.80. Dilihat dari data nilai rata- rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelaseksperimen lebih mampu menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media canva. Kata Kunci : Menulis, cerpen, picture and picture, canva.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Feb 2025 06:14
Last Modified: 12 Feb 2025 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74644

Actions (login required)

View Item View Item