Arum Ayu Sekar, 205030018 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Tunas Baru Ciparay Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
3. PENGUJI.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang paling dianggap sulit disekolah. Kurang diperhatikannya keberlangsungan pembelajaran menulis membuat rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis cerpen. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama, peserta didik masih kesulitan dalam berimajinasi, mengembangkan tema. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model picture and picture bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMA Tunas Baru Ciparay, diantaranya kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata pratest kelas eksperimen sebsesar 57,66 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascatest menjadi sebesar 80,66 dengan persentase kenaikan sebesar 46.51 Sedangkan hasil rata-rata pratest kelas kontrol sebesar 40,83 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascatest 55,83 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 22.80. Dilihat dari data nilai rata- rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelaseksperimen lebih mampu menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media canva. Kata Kunci : Menulis, cerpen, picture and picture, canva.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:14 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |