IWAN SUMARTA, RENALDUS (2025) PENGARUH STRATEGI OPERASI DAN KOMPETENSI OPERASIONAL TERHADAP BUDAYA KUALITAS DAN KUALITAS LAYANAN RUMAH SAKIT SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PASIEN (SURVEI PADA RUMAH SAKIT RAPHA THERESIA, RUMAH SAKIT BAITURRAHIM, RUMAH SAKIT ISLAM ARAFAH DAN RUMAH SAKIT MITRA DI PROVINSI JAMBI). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
JURNAL RENALDUS IWAN SUMARTA.docx Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh strategi operasi dan kompetensi operasional terhadap budaya kualitas, kualitas layanan rumah sakit, dan kepuasan pasien. Berdasarkan Undang-Undang Kesehatan (UU No. 17 Tahun 2023), peningkatan kualitas layanan rumah sakit di Indonesia sangat penting untuk mengurangi pemborosan devisa akibat berobat ke luar negeri. Penelitian ini dilakukan di empat rumah sakit di Provinsi Jambi (RS Rapha Theresia, RS Baiturrahim, RS Islam Arafah, dan RS Mitra) dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi dari 300 karyawan yang terdistribusi di masing-masing rumah sakit. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi operasi dan kompetensi operasional berpengaruh signifikan terhadap budaya kualitas, dengan pengaruh mencapai 69,30%. Selain itu, strategi operasi dan kompetensi operasional juga berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan rumah sakit (74,48%). Budaya kualitas dan kualitas layanan rumah sakit, secara simultan, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan total pengaruh 81,52%. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi rumah sakit untuk meningkatkan strategi operasional, mengembangkan kompetensi operasional, memperkuat budaya kualitas, serta meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan pasien. Penulis juga menyarankan penelitian lanjutan untuk melibatkan variabel tambahan dan memperluas ruang lingkup penelitian di kota/kabupaten lainnya untuk memperkaya temuan penelitian. Kata Kunci : Strategi operasional, Kompetensi operasional, Budaya kualitas, Kualitas layanan rumah sakit, Kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 12:04 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 12:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74582 |
Actions (login required)
View Item |