PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPENSASI KEUANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN YANG DIMODERASI OLEH SERTIFIKASI DOSEN (SURVEY PADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) DI JAWA TENGAH)

SETIYADI, DIDIK (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPENSASI KEUANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN YANG DIMODERASI OLEH SERTIFIKASI DOSEN (SURVEY PADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) DI JAWA TENGAH). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
DIDIK SETIYADI_DIM.docx

Download (479kB)

Abstract

Dosen memiliki peran strategis dalam pendidikan tinggi, khususnya sebagai pelaksana Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini mengkaji pengaruh kompetensi pedagogik, kompensasi keuangan, dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan kerja, serta implikasinya pada kinerja dosen dengan sertifikasi dosen sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) di Jawa Tengah, yang menghadapi tantangan rendahnya kinerja pada dimensi penelitian dan kurangnya transparansi dalam sertifikasi dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan eksplanatori. Populasi penelitian adalah 283 dosen tetap STMIK, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil pra-survei menunjukkan kepuasan kerja dosen berada pada kategori cukup, dengan rata-rata 3,25 untuk kompetensi pedagogik dan 3,07 untuk kompensasi keuangan. Uji reliabilitas instrumen menunjukkan semua variabel memiliki nilai di atas 0,700, yang berarti reliabel. Pengujian menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM) mengidentifikasi hubungan signifikan antara variabel, khususnya pengaruh motivasi berprestasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja secara positif memediasi hubungan antara kompetensi pedagogik, kompensasi keuangan, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja dosen. Sertifikasi dosen juga memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kinerja dosen melalui peningkatan kompetensi, kompensasi yang adil, dan motivasi yang kuat. Selain itu, pentingnya transparansi dalam sertifikasi dosen ditekankan sebagai langkah untuk mendukung mutu pendidikan tinggi. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogoik, Kompensasi Keuangan, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja, Sertifikasi dan Kinerja Dosen.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 19 Dec 2024 01:06
Last Modified: 19 Dec 2024 01:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74563

Actions (login required)

View Item View Item