PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN YANG DIMODERASI OLEH KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA (Survey Pada GURU SMK Swasta Terakreditasi B Sewilayah Cabang Dinas Pendidikan VI Provinsi Jabar)

KURNIASIH, NIA (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN YANG DIMODERASI OLEH KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA (Survey Pada GURU SMK Swasta Terakreditasi B Sewilayah Cabang Dinas Pendidikan VI Provinsi Jabar). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL PENELITIAN_NIA KURNIASIH_219010003_DIM 25.docx

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru, serta implikasinya pada kompetensi lulusan yang dimoderasi oleh sarana prasarana. Studi dilakukan di SMK Swasta dengan status Akreditasi B di wilayah Cabang Dinas Pendidikan VI Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Responden berjumlah 212 guru yang dipilih menggunakan teknik cluster proporsionate random sampling dari total populasi 457 guru. Pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis data menggunakan rentang skala dan analisis jalur melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi paling dominan terhadap kinerja guru sebesar 35%, diikuti oleh kompetensi guru 20,7%, dan budaya organisasi sekolah 15,6%. Secara keseluruhan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh 70,8% terhadap kinerja guru. Kinerja guru berpengaruh 73,2% terhadap kompetensi lulusan, dengan sarana prasarana sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan tersebut sebesar 80,1%. Kesimpulannya, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, dan budaya organisasi sekolah berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru, yang berdampak positif pada kompetensi lulusan. Sarana prasarana sekolah juga terbukti memperkuat hubungan antara kinerja guru dan kompetensi lulusan, menekankan pentingnya fasilitas sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar yang optimal. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Budaya Sekolah, Kinerja Guru, Kompetensi Lulusan, Sarana Prasarana.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:08
Last Modified: 26 Nov 2024 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74275

Actions (login required)

View Item View Item