PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI

Nurry Nur Ajizah, 105060120 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER Skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
MOTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI BAB I - V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam sikap kerja sama peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik, tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Margahayu Utara Kota Bandung dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap kerja sama didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu mengorganisasikan siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas Problem Based Learning peserta didik dan kemampuan dalam sikap kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap kerja sama dari 46,7% (siklus I) menjadi 73,3% (siklus II), dan menjadi 90% (siklus III). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkat kemampuan peserta didik dalam sikap kerja sama pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi pada kegiatan pembelajaran 1, 2, dan 3 di kelas IV SDN Margahayu Utara Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: kerja sama, prestasi belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 14:09
Last Modified: 02 Aug 2016 14:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item