Nurry Nur Ajizah, 105060120 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER Skripsi.docx Download (17kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
MOTO.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI .doc Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI BAB I - V.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam sikap kerja sama peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik, tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Margahayu Utara Kota Bandung dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap kerja sama didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu mengorganisasikan siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas Problem Based Learning peserta didik dan kemampuan dalam sikap kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap kerja sama dari 46,7% (siklus I) menjadi 73,3% (siklus II), dan menjadi 90% (siklus III). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkat kemampuan peserta didik dalam sikap kerja sama pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi pada kegiatan pembelajaran 1, 2, dan 3 di kelas IV SDN Margahayu Utara Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: kerja sama, prestasi belajar, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 14:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 14:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7407 |
Actions (login required)
View Item |