PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment di SDN Lebakwangi 02 Kabupaten Bandung)

ANJANI WULAN DWI, 195060158 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment di SDN Lebakwangi 02 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di sekolah dasar. Kesulitan yang dialami peserta didik merupakan contoh kurangnya pembinaan pendidik dalam menerapkan motode menulis karangan dan cara-cara membuat karangan yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV B (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, yaitu pretes maupun postes untuk mengukur keterampilan menulis karangan narasi peserta didik setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran example non example dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57,00, dan rata-rata posttest sebesar 77,44. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 50,76, dan rata-rata postes sebesar 58,00. Terdapat peningkatan keterampilan menulis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran example non example dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari uji N-gain score yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 47,35 dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 15,00 termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil effect size, penggunaan model pembelajaran example non example memiliki pengaruh sebesar 2,038 terhadap keterampilan menulis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran example non example berpengaruh terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas IV di SDN Lebakwangi 02 Bandung. Kata kunci: karangan narasi, menulis, model example non example

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:15
Last Modified: 23 Oct 2024 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74060

Actions (login required)

View Item View Item