Sinaga Hana Maria, 195060097 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen Kuasi di kelas IV SDN Sariwangi Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (772kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
“Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan dan antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model PBLterhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri Sariwangi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model PBL berbantuan Kahoot dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masingmasing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji T independen, uji Mann-Whitney, dan uji Ngain. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model konvensional. kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 38,13 menjadi 85,67, sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 33,16 menjadi 60,63. Berdasarkan uji Mann-Whitney, dengan nilai signifikansi ngain sebesar (sig. 2-tailed) 0,000 2 = 0 (sig < 0,05), yang berarti peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model konvensional.” Kata Kunci: Kemampuan Pemah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 09:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 09:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/73007 |
Actions (login required)
View Item |