PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 SD

Aragilika Widyana, 205060137 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi permasalahan kemampuan menghitung matematika, penyebabnya ialah kurangnya model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan kurangnya media pembelajaran yang inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata terhadap kemampuan menghitung, (3) mengetahui peningkatan kemampuan menghitung, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan wordwall terhadap kemampuan menghitung peserta didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi dan tes. Subjek yang digunakan penelitian ini adalah kelas I SDN 3 PAWENANG. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 27, yaitu (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji t menunjukan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05. (3) terdapat peningkatan kemampuan menghitung pada kelas eksperimen sebesar 62% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23 % dengan kategori sedang, dan (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 2,12 dengan interpretasi tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan wordwall terhadap kemampuan menghitung peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan menghitung, PBL, wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:59
Last Modified: 18 Oct 2024 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72993

Actions (login required)

View Item View Item