Aragilika Widyana, 205060137 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi permasalahan kemampuan menghitung matematika, penyebabnya ialah kurangnya model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan kurangnya media pembelajaran yang inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata terhadap kemampuan menghitung, (3) mengetahui peningkatan kemampuan menghitung, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan wordwall terhadap kemampuan menghitung peserta didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi dan tes. Subjek yang digunakan penelitian ini adalah kelas I SDN 3 PAWENANG. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 27, yaitu (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji t menunjukan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05. (3) terdapat peningkatan kemampuan menghitung pada kelas eksperimen sebesar 62% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23 % dengan kategori sedang, dan (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 2,12 dengan interpretasi tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan wordwall terhadap kemampuan menghitung peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan menghitung, PBL, wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 06:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72993 |
Actions (login required)
View Item |