PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP LITERASI POLITIK PADA PEMILIH PEMULA PADA GENERASI Z (Studi survei di FKIP Unpas Angkatan 2020)

Rozi Farhan Fahrul, 205010039 (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP LITERASI POLITIK PADA PEMILIH PEMULA PADA GENERASI Z (Studi survei di FKIP Unpas Angkatan 2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover farhan.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak farhan.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. bab 1 farhan.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab 2 farhan.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
6. bab 3 farhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
7. bab 4 farhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. bab 5 farhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
9. daftar pustaka farhan.pdf

Download (476kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya minat generasi z terhadap dunia politik mengakibatkan prespektif buruk di kalangan remaja. Menurut mereka politik merupakan dunia yang serius serta membosankan yang menyebabkan mereka enggan mengikuti lebih dalam dunia politik tersebut. Rendahnya akan minat politik akan berdampak signifikan terhadap kulaitas bangsa kedepannya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa literasi ataupun melek politik semakin rendah, hal ini berimplikasi kedepannya terhadap pilihan mereka, dimana mereka akan sulit untuk menentukan pilihannya serta mudahnya masuk kepentingan baik individu maupun kelompok yang memanfaatkan suara mereka. Padahal indonesia merupakan negara demokrasi, dimana masyarakat ataupun generasi penerus bangsanya harus memiliki kemampuan ataupun kecakapan dalam dunia politik. membalut pesan serta informasi politik dengan sesuatu yang dapat diminati oleh masyarakat seperti penyampaian melalui meme politik bisa menjadi jalan keluar untuk meningkatkan literasi politik generais z. Maka berlatar belakang dari minat literasi politik yang rendah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta melihat dampak yang ditimbulkan dari media sosial terhadap literasi politik generasi z. Dalam penelitian ini juga menggunakan 55 responden yang di ambil dari generasi z yang ada di Universitas Pasundan dengan menggunakan teknik penelitian survei. Penelitian survei merupakan suatu metode penelitian yang mengumpulkan data melalui kuesioner sebagai alat utama, dan melibatkan pengambilan sampel dari sebuah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket/kuesioner,. Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial secara positif dan signifikan berdampak pada tiga aspek utama, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. dilihat dari hasil penelitian memiliki pengaruh sebesar 45,2% terhadap literasi politik generasi z. media sosial mempengaruhi literasi politik baik itu meliputi faktor konten, bentuk serta gaya bahasa yang di gunakan dalam media sosial. Kata kunci: Media Sosial, Literasi Politik, Pemilih Pemula

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:35
Last Modified: 15 Oct 2024 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72555

Actions (login required)

View Item View Item