PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDUCATIONAL GAMES MEMORY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SDN 067 NILEM BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas II SDN 067 Nilem Bandung)

Meilani Wini Susan, 195060044 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDUCATIONAL GAMES MEMORY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SDN 067 NILEM BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas II SDN 067 Nilem Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat perbedaan dan sebesar apa pengaruh peningkatan kelas yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Educational Games Memory Terhadap Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Peserta Didik Kelas Rendah di SDN 067 Nilem. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuaasi eksperimen (quasi experimental). Populasi dalam penelitian adalah kelompok siswa kelas IIA dan IIB dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Negeri 067 Nilem yang beralamat di jalan Nilem no.10 Kecamatan Lengkog. Teknik penentuan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test, dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukan pada hasil uji Independent Sample bahwa signifikansi 0,000 Berdasarkan pada table descriptive statistics nilai mean atau nilai rata-rata posttest kelas Eksperimen adalah sebesar 85,44, sedangkan nilai mean atau rata-rata pada posttest di kelas kontrol sebesar 80,84. Berdasarkan Uji Independent Sample Test menunjukan angka 0,000< 0,005 yang memberikan arti bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan terhadap kemampuan daya ingat peserta didik kelaas rendah dari kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Educational Games Memory pada siswa kelas IIA (kelas eksperimen) dan yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction di kelas IIB (kelas kontrol) di SD Negeri 067 Nilem. Kata Kunci : Discovery Learning, Aplikasi Educational Games Memory, Kemampuan Daya Ingat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Oct 2024 09:29
Last Modified: 11 Oct 2024 09:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72487

Actions (login required)

View Item View Item