IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA DALAM MEMBENTUK CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di Kelas X SMA BPPI Baleendah )

Rabbani, Muhammad Faisal, 205010019 (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA DALAM MEMBENTUK CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di Kelas X SMA BPPI Baleendah ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Civic responsibility merupakan pemahaman hak dan tugas yang dimiliki warga negara dengan tanggung jawab yang meliputi terhadap diri sendiri dan masyarakat, dimana dalam konteks penelitian ini warga negara di representasikan oleh peserta didik. Dengan diimplementasikan nya proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka, dapat dijadikan sebagai media dalam membentuk civic responsibility peserta didik. Urgensi dari komponen warganegara civic responsibility, dan pelaksanaan kegiatan P5 berdasarkan menurun nya karakter peserta didik dengan tingginya perilaku kriminal yang masih pada usia sekolah, dan juga menurun nya skor indeks iklim keamanan sekolah sebanyak 5,09 poin dibanding tahun 2021. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengentahui bagaimana teknis pelaksanaan kegiatan P5 tema bangunlah jiwa dan raganya di SMA BPPI Baleendah, beserta kendala dan solusi yang dihasilkan dalam melaksanakan kegiatan proyek. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMA BPPI Baleendah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Guru PPKn, tim fasilitator P5, dan sejumlah peserta didik Melalui penelitian ini diketahui bahwa peserta didik kelas X SMA BPPI Baleendah mampu belajar mengenai rasa tanggung jawab sebagai warga negara terhadap diri sendiri dan individu lain melalui pembelajaran berbasis proyek, dan pengamalan nilai-nilai yang diajarkan dalam kegiatan P5 tema bangunlah jiwa dan raganya, yaitu nilai-nilai hak asasi manusia dan menghargai perbedaan. Kata Kunci : Civic Responsibility, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:40
Last Modified: 11 Oct 2024 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72466

Actions (login required)

View Item View Item