NUGRAHA IKHSAN ARIEF, 195010043 (2024) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (Studi Kasus Pada Peserta Didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.pdf Download (161kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
Adanya fenomena dampak negatif teknologi yang sedang marak dikalangan remaja sehingga dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui bagaimana pentingnya Implementasi Literasi Digital Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Penelitian ini lebih ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus, teknik penelitian triangulasi diantaranya adalah studi wawancara yang telah di deskripsikan oleh peneliti agar penelitian ini konkrit .Kemudian, peneliti menggunakan penelitian observasi terstruktur yang disajikan secara objektif dan metodis untuk mendukung fakta-fakta dalam penelitian ini. Selanjutnya, penelitian studi dokumentasi berupaya memberikan dukungan yang lebih spesifik berdasarkan fakta-fakta yang terdapat disekolah. Terdapat narasumber sekaligus sampel penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu 30 peserta didik dan 1 pendidik mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang. Keberhasilan penelitian ini melihat adanya fenomena dampak negatif teknologi yang sedang marak dikalangan remaja sehingga pentingnya kebermanfaatan dalam mengimplementasikan literasi digital membuat peserta didik memiliki keterampilan berfikir kritis. Adapun hasil dalam penelitian ini dibuktikan berdasarkan studi wawancara pernyataan keduapuluh, yang dijawab oleh para narasumber peserta didik dapat memahami penggunaan teknologi dengan bijak dengan pemahaman dalam implementasi literasi digital sehingga terdapatnya keterampilan berfikir kritis dalam tindakannya khususnya di media sosial. Selanjutnya hasil pada studi observasi dapat dibuktikan dengan kategori yang berdominan Tinggi dalam memahami implementasi literasi digital sehingga para peserta didik terampil dalam berfikir kritisnya dan studi dokumentasi dengan adanya penyelenggaraan sosialisasi literasi digital dan slogan sekolah yaitu Wawasan Wiyata Mandala tentunya dengan bukti tersebut memperkuat bahwa dalam literasi digital dapat membuat peserta didik memiliki keterampilan berfikir kritis terhadap sesuatu. Kata Kunci : Literasi Digital, Berfikir Kritis, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72430 |
Actions (login required)
View Item |