Fauziyyah Aidah, 195010034 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penilaian Eksperimen di kelas VIII SMP 1 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) apakah dengan media audio visual pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (ii) adakah perbedaan dalam hasil belajar peserta didik antara kelas menggunakan media audio visual dan yang tidak menggunakan media audio visual pada mata pelajaran PPKn, (iii) apakah pada hasil belajar lebih efektif bagi peserta didik dalam mata pelajaran PPkn di kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik pengumpulan data berupa teknik nonprobability sampling.dengan 38 sampel siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Lembang, dibuktikan dalam pernyataan ke tujuhbelas yaitu,“pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar“serta diperkuat berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana dan hipotesis dalam penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. (ii) Berdasarkan hasil penelitian adapun penguatan perbedaannya berdasarkan pretest dan posttest, pada pretest terdapat selisih 10 poin. Hasil posttest selisih 9 poin. Selisih tersebut terdapat di kelas kontrol karena Kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibanding kelas kontrol. (iii) Pada hasil belajar lebih efektif bagi peserta didik dalam mata pelajaran PPkndi kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang, Dibuktikan dalam pernyataan ke duabelas “Penerapan media audio visual membuat saya lebih kreatif dalam pelajaran PPkn.“ Maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik dalam penerapan media audio visual membuat saya lebih kreatif dalam pelajaran PPkn. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) bagi sekolah, diharapkan mampu menerapkan media pembelajaran yang dapat variatif salah satunya dengan media audio visual dalam proses pembelajarannya dan sekaligus memenuhi kebutuhan peserta didik dalam belajar yang lebih baik, ii) bagi pendidik, dalam hal ini pendidik membantu peserta didik mencapai potensi penuh mereka dan mendorong partisipasi mereka dalam proses pembelajaran, iii) bagi peserta didik, diharapkan dapat lebih terampil dalam proses pembelajaran dengan ini termasuk capaian mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), iv) bagi Peneliti selanjutnya, diharapkan lebih banyak lagi peneliti yang dapat memanfaatkan media audio visual untuk penelitian tindakan kelas agar dapat lebih memperluas pemahaman peserta didik khususnya dalam mata pelajaran PPKn. Kata Kunci : Audio Visual, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72297 |
Actions (login required)
View Item |