PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GRIYA BANDUNG INDAH KABUPATEN BANDUNG

DEWI SHINTA PUSPITA, 205060062 (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GRIYA BANDUNG INDAH KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Griya Bandung Indah. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Griya Bandung Indah yang pasif, kurang berpartisipasi dalam kelompok, siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent group design. Pada desain penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data non tes melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan pengumpulan data tes hasil belajar melalui pretest dan posttest. Sebelum tes hasil belajar diberikan, instrumen tes diuji kepada kelas satu tingkatan yang lebih tinggi dari yang akan diteliti. Hasil pengujian meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dapat dilihat dari hasil uji mann whitney sebesar 0,000 < 0,05, artinya hipotesis diterima dan dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe grup investigasi terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui terdapat peningkatan menggunakan uji n-gain. Nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 46% sedangkan nilai rata-rata n-gain pada kelas kontrol sebesar 17% dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe grup investigasi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model kooperatif tipe grup investigasi sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan model kooperatif dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS. x Kata kunci: kooperatif tipe grup investigasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:43
Last Modified: 04 Oct 2024 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72089

Actions (login required)

View Item View Item