KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UPTD PUSKESMAS KASOMALANG KABUPATEN SUBANG

Saputra, Aradea Anugrah (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UPTD PUSKESMAS KASOMALANG KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DafPus (1).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesaha.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 BAB..pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB..pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract 3 Bahasa.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan sarana prasarana kesehatan yaitu dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS). Puskesmas memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan, namun sayangnya masih terdapat puskesmas yang memiliki pelayanan kesehatan yang belum maksimal. Begitu juga yang terjadi di Puskesmas Kasomalang. Puskesmas Kasomalang masih memiliki beberapa permasalahan yaitu masih kurangnya tenaga medis dan puskesmas ini belum terakreditasi. Belum terakreditasinya Puskesmas Kasomalang ini menunjukkan bahwa Puskesmas Kasomalang belum memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasomalang, faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasomalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Puskesmas Kasomalang, petugas dan tenaga medis Puskesmas Kasomalang serta masyarakat selaku pasien di Puskesmas Kasomalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasomalang sudah cukup baik namun dari 6 indikator pelayanan prima yaitu Ability (kemampuan), Attitude (sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (tindakan) dan accountability (tanggungjawab) masih terdapat 2 indikator yang belum berjalan secara optimal yaitu ability (Kemampuan) dan Appearance (Penampilan). Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasomalang. Adapun faktor pendukung meliputi akses jalan dan keterjangkauan biaya. Faktor penghambatnya meliputi pelatihan pegawai secara rutin, kurangnya kesadaran masyarakat dan fasilitas puskesmas. Adapun saran peneliti yakni melakukan pengajuan pegawai yang dibutuhkan, memperluas atau merenovasi bangunan puskesmas, perlu melakukan perbaikan fasilitas, penambahan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:57
Last Modified: 03 Oct 2024 01:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71149

Actions (login required)

View Item View Item