PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS dan XII IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Kartika XIX – 2 Bandung)

Syadiah, Syasa Siti, 205020045 (2024) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS dan XII IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Kartika XIX – 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gaya mengajar guru (ii) mengetahui motivasi belajar siswa (iii) mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Kartika XIX-2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deksriptif, analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan : (i) gaya mengajar guru termasuk dalam kategori cukup baik, dengan persentase sebesar 40,5% (ii) motivasi belajar termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 53,2% (iii) secara parsial gaya mengajar guru memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 dan termasuk ke dalam kategori cukup kuat dengan nilai R Square sebesar 48%. Peneliti menyampaikan saran kepada siswa untuk meningkatkan ataupun mempertahankan motivasi belajarnya, saran kepada guru yaitu diharapkan dapat mengembangkan variasi dalam gaya mengajar agar kegiatan belajar mengajar tidak membuat siswa bosan dan jenuh, kepada sekolah yaitu dapat bekerja sama dengan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan kepada Yayasan Kartika Jaya diharapkan agar dapat membantu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh sekolah dalam rangka usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:50
Last Modified: 02 Oct 2024 08:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71130

Actions (login required)

View Item View Item