PENGARUH PENYELENGGARAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SEKOLAH TERHADAP KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA (Survei Pada Siswa kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 SMK Bina Wisata Lembang Jurusan Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis)

Suwandi Febriani, 205020004 (2024) PENGARUH PENYELENGGARAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SEKOLAH TERHADAP KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA (Survei Pada Siswa kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 SMK Bina Wisata Lembang Jurusan Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (4).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan yang dinilai dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa karena dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan kerja yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hal-hal berikut: (i) bagaimana penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa, (ii) bagaimana kesiapan peserta didik dalam mengahadapi dunia kerja setelah PKL, dan (iii) seberapa besar pengaruh pennyelenggaraan PKL terhadap kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat deskriptif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis yang berjumlah 82 responden. Teknik non-probability sampling digunakan sebagai pengambilan sampel, sehingga seluruh populasi menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket berskala likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji korelasi pearson, uji linearity, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penyelenggaraan PKL siswa “Baik” dengan mean 82,68 dengan distribusi data dinyatakan normal, dan (ii) kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja setelah PKL juga “Sangat Baik” dengan mean 84,41, maka hasil distribusi data juga dinyatakan normal. (iii) Pengaruh penyelenggaraan praktik kerja lapangan terhadap kesiapan peserta didik menghadapi dunia kerja adalah sebesar 54,7%. Nilai tersebut sesuai dengan nilai R Square yaitu 0,547 (54,7%), maka penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Praktik Kerja Lapangan terhadap kesiapan kerja siswa dengan termasuk kedalam kategori penelitian “Cukup Kuat”. Hasil tersebut berarti bahwa semakin tinggi tingkat PKL, maka semakin tinggi pula tingkat kesiapan kerjanya. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi sekolah agar mengevaluasi kembali tempat-tempat PKL untuk disesuaikan dengan kesiapan kerja siswa berdasarkan bidangnya; bagi guru agar lebih memberikan bimbingan yang lebih relevan dengan dunia kerja; bagi siswa agar memiliki inisiatif untuk melakukan pengembangan diri pada saat PKL maupun diluar hal tersebut untuk belajar mencari peluang dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja; serta bagi penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian lebih mendalam terkait faktor-faktor dalam kesiapan kerja selain PKL, dan bisa melakukan penelitian ini di kelas, sekolah, ataupun tempat yang berbeda. Kata Kunci : Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kesiapan Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:49
Last Modified: 02 Oct 2024 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71094

Actions (login required)

View Item View Item