PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X BDP SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Khuzaimy Muhammad Alman, 195020009 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X BDP SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran DPK Konunikasi kelas X BDP 2 SMK Pasundan 1 Bandung. (ii) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran DPK Konunikasi kelas X BDP SMK Pasundan 1 Bandung. (iii) Perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan setelah pengukuran (Posttest). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning masih rendah, dilihat dari hasil pretest yaitu dengan skor 53,81. (ii) Hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning cukup baik, dilihat dari hasil posttest yaitu dengan skor 73,41 (iii) Perbedaan hasil belajar siswa dalam pengukuran awal (pretest) dan setelah pengukuran (posttest) cukup besar yaitu 19,59, yang sebelum mendapatkan perlakuan dengan nilai sebesar 53,81 yaitu hasil dari kemampuan awal (pretest) dan setelah mendapatkan perlakuan dengan model problem based learning sebesar 73,41 dengan kemampuan akhir (posttest). Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (i) Bagi sekolah, mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas belajar siswa. (ii) Bagi guru, memberikan masukan terhadap pembelajaran DPK Komunikasi melalui model problem based learning. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:01
Last Modified: 01 Oct 2024 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70951

Actions (login required)

View Item View Item