Ismailova, Azzahra Thaliaputri, 205030080 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 6 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bab 6 Kelas X dalam pembelajaran teks puisi berdasarkan indeks kepadatan leksikal yang akan digunakan peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode R&D yang mengikuti model Sugiyono (2010) dengan langkah-langkahnya 4-D, yaitu penentuan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan implementasi (disseminate). Pengembangan bahan ajar menggunakan rumus Halliday (1976). Bahan ajar yang dikembangkan adalah buku “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X”, Bab 6 Teks Puisi ; dan hasil penelitian dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi kelas X-3 di SMA Nasional Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar orisinal tergolong tinggi sebesar 7,89 sehingga sulit dipahami oleh peserta didik. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menyederhanakan pola kalimat, sehingga menurunkan indeks kepadatan leksikal menjadi 6,45 yang berkategori sedang sehingga lebih mudah dipahami. Hal ini terbukti dari kenaikan nilai ratarata pretest sebesar 42,5 dan nilai rata-rata posttest 80,5. Selain itu, hasil angket menunjukkan 58% peserta didik memahami bahan ajar versi pengembangan dan 38% peserta didik memahami bahan ajar versi orisinal. Diperkuat oleh hasil validasi tenaga pendidik yang menyatakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak diberikan kepada peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berdasarkan indeks leksikal dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar, Teks puisi, dan Indeks kepadatan leksikal.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70897 |
Actions (login required)
View Item |