Maulani, Nita (2024) PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI STARBUCKS ASIA AFRIKA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Dapus.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Kata pengantar.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesah.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar gambar.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (458kB) | Preview |
Abstract
Starbucks Asia Afrika Bandung adalah salah satu perusahaan waralaba yang bergerak dalam penjualan biji kopi. Pada saat ini Starbucks Asia Afrika Bandung menghadapi masalah dalam kualitas pelayanan dan iklan yang kurang efektif. Hal ini disebabkan kurangnya promosi penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi promosi terhadap kepuasan pelanggan di Starbuckss Asia Afrika Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan responden penelitian sebanyak 88 pelanggan Starbuckss Asia Afrika Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi strategi promosi dan kepuasan pelanggan di Starbuckss Asia Afrika Bandung cukup baik, namun masih memerlukan perbaikan. Promosi melalui media sosial, seperti Instagram, telah dilakukan, tetapi kurang menarik perhatian konsumen. Penggunaan media cetak, TikTok, dan SMS juga belum optimal, dan potongan harga yang ditawarkan dianggap kurang menarik. Keluhan utama pelanggan terkait waktu tunggu yang lama dan ketidaksesuaian pesanan menunjukkan perlunya peningkatan kualitas layanan. Penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 57,6%. Hambatan utama dalam pelaksanaan strategi promosi termasuk kurangnya daya tarik promosi di media sosial, media cetak, TikTok, dan SMS. Upaya promosi melalui Instagram belum memberikan hasil yang memadai. Saran untuk Starbucks Asia Afrika Bandung adalah memanfaatkan media promosi seperti SMS dan TikTok untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Diskon harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, misalnya potongan harga untuk menu sarapan pada hari tertentu. Peningkatan kualitas pelayanan, seperti mengurangi waktu tunggu dan memastikan kesesuaian pesanan, serta pelatihan tambahan bagi staf dalam manajemen waktu dan layanan pelanggan, juga diperlukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Kata Kunci: Strategi Promosi, Kepuasan Pelanggan, Starbucks
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:44 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70837 |
Actions (login required)
View Item |