Modifikasi Dinamometer Instalasi Pengujian Motor Bakar Torak Dynamometer Modification Torak Fuel Motor Testing Installation

Kaboha, Nawaf Samir A and Santoso, Gatot and Ariantara, Bambang (2024) Modifikasi Dinamometer Instalasi Pengujian Motor Bakar Torak Dynamometer Modification Torak Fuel Motor Testing Installation. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nawaf Samir A Kaboha_203030003_Teknik Mesin.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Motor bakar bensin merupakan jenis motor yang banyak digunakan karena memiliki keunggulan seperti perbandingan berat dan daya mesin yang relative kecil, getaran yang di peroleh tidak besar dan mampu menghasilkan kinerja yang tinggi. Kinerja motor bakar dapat dilakukan di laboratorium dengan mengukur variable-variabel yang mempengaruhinya yaitu putaran, torsi dan daya. Pengukuran putaran, torsi dan daya pada motor bakar torak yang ada di Laboratorium Uji Prestasi Program Studi Teknik Mesin FT UNPAS menggunakan brake dynamometer yang dilengkapi dengan alat ukur gaya berupa dinamometer pegas. Pengukuran dengan dinamometer pegas tidak akurat karena angka penunjuk ukuran tidak diam disatu besaran. Pada penelitian ini dilakukan penggantian alat ukur gaya dengan loadcell sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Weight indicator dipergunakan untuk menampilkan besar gaya yang diterima oleh loadcell. Torsi motor dapat diperoleh dengan mengalikan beban terukur dengan panjang lengan sedangkan daya diperoleh dengan mengalikan torsi dengan putaran. Metode pengujian daya, Torsi dan putaran pada penelitian menjadi lebih akurat dibandingkan pengukuran dengan dinamometer pegas. Loadcell yang dipergunakan adalah model shear beam dengan range pengukuran antara 0 – 40 kg, berdasarkan spesifikasi motor bakar yang dipergunakan yaitu Honda GX200 memiliki Torsi maksimum 11,5 Nm pada putaran 2800 rpm dan daya maksimum 3,7 kW pada putaran 3600 rpm. Hasil pengujian menghasilkan daya terukur 1,53 kW dan torsi 10,94 Nm. Kata Kunci: Motor Bakar Torak, Loadcell, Dinamometer, Modifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:02
Last Modified: 27 Sep 2024 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70723

Actions (login required)

View Item View Item