STRATEGI DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE JEPANG

ARIANI, CAROLINE SIVAZ (2024) STRATEGI DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE JEPANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Topik yang dikaji dalam penelitian berikut adalah mengenai bagaimana upaya Indonesia melalui Strategi Diplomasi Ekonomi dalam menghadapi penurunan Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil ke Jepang. Industri TPT merupakan salah satu industri manufaktur unggulan Indonesia, serta industri ini cukup berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan mendorong terhadap peningkatan penanaman modal baik dalam dan luar negeri. Jepang merupakan salah satu negara tujuan ekspor kedua terbesar dalam industri Tekstil dan Produk Tekstil, berbagai produk pakaian jadi asal Indonesia salah satunya ekspor produk pakaian jadi dengan Kode HS (6110) yaitu Jerseys, pullovers, waistcoats and similar articles cardigans, knitted or crocheted yang menjadi salah satu produk dominan yang diekspor ke Jepang. Namun, penurunan ekspor TPT ke Jepang mengalami penurunan hal ini diakibatkan oleh tingginya laju nilai inflasi serta beberapa hambatan lain seperti permasalahan internal diantaranya permasalahan bahan baku dan permasalahan eksternal seperti perpajakan, pelabuhan dan transportasi. Pemerintah dalam menghadapi penurunan serta fluktuasi nilai ekspor terhadap Jepang, melakukan upaya strategi dan diplomasi ekonomi dengan mengadakan berbagai pameran skala internasional dalam mem promosikan produk industri unggulan Indonesia salah satunya Tekstil dan Produk Tekstil guna menarik calon investor asing serta membuka peluang pasar terhadap negara lain. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori Diplomasi Ekonomi yang dikemukakan oleh Kishan S Rana. Penulis mencoba menganalisis bagaimana upaya diplomasi ekonomi Indonesia dalam meningkatkan ekspor Tpt (Tekstil dan Produk Tekstil) terhadap Jepang dengan menggunakan 4 tahapan dalam melakukan diplomasi ekonomi yaitu promosi, penguatan jejaring, promosi negeri, serta fase penguasaan regulasi. Penulis menggunakan desain penelitian Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan library research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya diplomasi ekonomi Indonesia melalui pembuatan pameran Trade Expo Indonesia di hadiri oleh beberapa negara asing salah satunya Jepang, serta berhasil mendatangkan investor baru terhadap industri Tekstil dan Produk Tekstil. Serta strategi lain yang dilakukan pemerintahan Indonesia yaitu melalui Revolusi Industri dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Hal ini dilakukan pemerintah Indonesia guna bisa meraih keutungan terhadap perekonomian negara. Kata Kunci : Industri TPT, Diplomasi Ekonomi, Indonesia, Jepang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:11
Last Modified: 27 Sep 2024 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70709

Actions (login required)

View Item View Item