MAHARANI KHANISA RAIHAN, 205060046 (2024) PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) BERBANTUAN MEDIA PADLET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas IV di SDN Cibeureum 01 Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas IV di SDN Cibeureum 01 yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbantuan media padlet. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik di kelas IV di SDN Cibeureum 01, dan sampel yang di gunakan oleh peneliti yaitu kelas IV-A yang dimana menjadi kelas eksperimen dan kelas IV-B menjadi kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive. Data dikumpulkan melalui hasil pretest, posttest, dan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) memiliki perbedaan keterampilan menulis puisi dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, nilai pretest kelas IV-A dengan rata-rata yaitu 58,33, sedangkan pada hasil posttest dengan rata-rata yaitu 78,57. Pada kelas IV-B dengan nilai pretest rata-rata yaitu 52,14, sedangkan pada hasil posttest rata-rata yaitu 60,71. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) dan peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional memiliki peningkatan dengan nilai N-Gain kelas IV-A sebesar 0,50 dikategorikan sedang, sedangkan kelas IV-B sebesar 0,16 dikategorikan rendah. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) memiliki pengaruh dengan nilai effect size sebesar 1,28 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Keterampilan menulis, Padlet, Puisi, RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70644 |
Actions (login required)
View Item |