Oktaviana Fina, 205060168 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
14.. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman peserta didik di SD Negeri 210 Babakan Sinyar, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran yang diperlukan di masa sekarang ini yaitu adanya sebuah pengembangan berbantuan teknologi yang relevan dan tidak hanya berpatok pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik Sekolah Dasar Negeri 210 Babakan Sinyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen tipe kuasi eksperimen tipe non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas II A (eksperimen) dan 20 peserta didik kelas II B (kontrol) SD Negeri 210 Babakan Sinyar. Perlakuan yang diberikan kepada kelas II A (eksperimen) adalah model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall dan perlakuan yang diberikan kepada kelas II B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji effect size, dan uji N Gain. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji independent t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan terdapat peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji N Gain score sebesar 0,6. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall. Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, contextual teaching and learning, media wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:24 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70635 |
Actions (login required)
View Item |