PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Oktaviana Fina, 205060168 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
14.. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman peserta didik di SD Negeri 210 Babakan Sinyar, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran yang diperlukan di masa sekarang ini yaitu adanya sebuah pengembangan berbantuan teknologi yang relevan dan tidak hanya berpatok pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik Sekolah Dasar Negeri 210 Babakan Sinyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen tipe kuasi eksperimen tipe non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas II A (eksperimen) dan 20 peserta didik kelas II B (kontrol) SD Negeri 210 Babakan Sinyar. Perlakuan yang diberikan kepada kelas II A (eksperimen) adalah model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall dan perlakuan yang diberikan kepada kelas II B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji effect size, dan uji N Gain. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji independent t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan terdapat peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji N Gain score sebesar 0,6. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall. Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, contextual teaching and learning, media wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:24
Last Modified: 26 Sep 2024 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70635

Actions (login required)

View Item View Item