ANALISIS BRAND POSITIONING COFFEE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SEINKIRI COFFEE KITCHEN SPACE BANDUNG

Damayanti, Evira (2024) ANALISIS BRAND POSITIONING COFFEE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SEINKIRI COFFEE KITCHEN SPACE BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri F&B khususnya industri kopi saat ini kian pesat, salah satunya yaitu Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung. Maka, dibutuhkan brand positioning yang tepat agar usaha yang dimiliki dapat bertahan dan tertanam dibenak konsumen. Media sosial pada era digital ini merupakan salah satu wadah yang efektif untuk pembentukan brand positioning. Salah satunya melalui media sosial berupa Instagram dan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum usaha Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung, mengetahui analisis 5 indikator brand positioning, mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung dalam membangun brand positioning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta Teknik pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber buku dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung merupakan usaha yang yang bergerak dibidang F&B yaitu coffeeshop. Dalam membangun 5 indikator brand positioning pada media sosial Instagram dan TikTok Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung yang meliputi value (nilai), uniqueness (keunikan), credibility (kredibilitas), sustainability (keberlanjutan), suitability (kesesuian) sudah terbentuk dengan baik namun dari segi keunikan pada media sosial Instagram yang dimiliki usaha belum memiliki keunikan yang spesifik membedakan coffeeshop dengan pesaing dibidang sejenis sehingga brand positioning belum terbentuk dengan sempurna. Hambatan yang dihadapi dalam membangun brand positioning melalui media sosial Instagram dan TikTok Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung yaitu perkembangan trend yang berubah-ubah, market pada media sosial Instagram tidak seluas TikTok, pemilihan kata atau tema pada konten, dan algoritma pada media sosial yang tidak menentu. Saran yang bisa peneliti berikan adalah Seinkiri Coffee Kitchen Space Bandung diharapkan lebih gencar dalam menunjukkan keunikan yang lebih spesifik tidak hanya menunjukkan kelebihan yang dimiliki usahanya di media sosial khususnya Instagram dan TikTok untuk membedakan dirinya dengan usaha sejenis pesaing. Kata Kunci : Brand Positioning, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:30
Last Modified: 26 Sep 2024 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70629

Actions (login required)

View Item View Item