STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATAWAN DI KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG KOTA BANDUNG

Anwar Maulana, 204030004 and Gugum Mukdas Sudarjah, SE, MT, Pembimbing (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATAWAN DI KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
1. Cover SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2 SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3 SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka SKRIPSI_Anwar Maulana (204030004).pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATAWAN DI KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG KOTA BANDUNG ABSTRAK Kampung wisata kreatif Cigadung merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism). Pembentukan kampung wisata kreatif yaitu proses pemanfaatan potensi pariwisata yang ada di Kota Bandung oleh pemerintah Kota Bandung. Dari pembentukan kampung wisata kreatif tersebut dibutuhkan strategi pengembangan dengan tujuan dapat berjalan secara jangka panjang. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan kampung wisata kreatif Cigadung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa informan seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Kota Bandung, pengelola, pelaku usaha dan pengunjung. Teknik analisis menggunakan metode analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui daya tarik yang dapat dilihat dari komponen 3A (atrraction, accesbility dan amenity), karakteristik wisatawan yang dilihat dari aspek geografis, demografis dan psikografis , potensi wisata yang dibedakan menjadi faktor internal dan faktor eksternal, dan merumuskan strategi pengembangan dengan menggabungkan antara fakta-fakta dari faktor internal dan faktor eksternal. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat beberapa strategi pengembangan seperti strategi S-O (Strength Opportunity Strategy), strategi S-T (Strength Threats Strategy), strategi W-O (Weakness Opportunity Strategy), dan strategi W-T (Weakness Threats Strategy). Kata Kunci : Strategi pengembangan, kampung wisata, analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:18
Last Modified: 25 Sep 2024 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70602

Actions (login required)

View Item View Item