PENGARUH MODEL PROJECT BASEDLEARNINGBERBANTUAN POP-UP BOOK DALAMMENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIKSDKELASIV

RIZKIA ADINDA NALA PUSPA, 205060044 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASEDLEARNINGBERBANTUAN POP-UP BOOK DALAMMENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIKSDKELASIV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas IVSDN Batujaya II yaitu rendahnya kemampuan pemahaman dalampembelajaranIPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuanpemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan Pop Up Book. Jenis penelitian yangdigunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semuatau quasi experimental nonequivalent control group design. Populasi yangdigunakan yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Batujaya II, dan sampel yangdigunakan oleh peneliti yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IVBsebagai kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik samplingpurposive. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, yaitupretest maupun posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep IPASpeserta didik setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan model Project Based Learning berbantuan Pop-Up Book dan model konvensional terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didikdengan rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 1,26 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata n-gain sebesar 0,61 dengankategori sedang. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaanmodel Project Based Learning memiliki pengaruh dengan nilai ef ect size sebesar 1,12 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Model Project BasedLearning, Pop-Up Book

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:38
Last Modified: 21 Sep 2024 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70424

Actions (login required)

View Item View Item