ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NUSANTARA BANDUNG

PERMATASARI, FEBRIANI, 205040002 (2024) ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NUSANTARA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Indo.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Inggris.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Sunda.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab 2.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
10. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yaitu guna menganalisis implementasi aplikasi ethnoedugames bertema permainan sangkuriang yang berpengaruh atau tidaknya terhadap kemampuan beprikir kritis siswa dalam materi ekosistem. Penulis menggunakan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames sebagai dasar penelitian. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Desain penelitian menerapkan kuantitatif. Analisis data menerapkan metode PreExperimental Design dengan penggunaan One Group Pretest-Posttest Design yaitu satu kelas eksperimen diterapkan perlakuan pretest & posttest sebanyak 50 soal untuk memperoleh data kuantitatif. Hasil penelitian Uji Hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dinyatakan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah. Uji N-Gain menunjukan bahwa hasil pretest 17,35 dan posttest 42,68 dalam hasil tersebut terdapat gain 25,33 diperoleh hasil N-Gain 0,75>0,7 dengan kriteria tinggi. Dengan hasil peningkatan rata-rata pretest sebesar 35,03% dan ratarata posttest sebesar 82,98% menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem dengan menggunakan aplikasi ethnoedugames sangkuriang. Kata kunci : Berpikir Kritis, Ekosistem, Ethno-edugames

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:18
Last Modified: 20 Sep 2024 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70378

Actions (login required)

View Item View Item