PENGARUH BUDAYA DISIPLIN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA KARTIKA XIX–2 BANDUNG (Survei pada kelas X dan XI di SMA Kartika XIX – 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

AGUSTINA RANI, 205020074 (2024) PENGARUH BUDAYA DISIPLIN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA KARTIKA XIX–2 BANDUNG (Survei pada kelas X dan XI di SMA Kartika XIX – 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan tingkat disiplin siswa di SMA Kartika XIX – 2 Bandung. (ii) mendeskripsikan pendidikan karakter siswa di SMA Kartika XIX – 2 Bandung. (iii) mengetahui pengaruh budaya disiplin siswa terhadap pendidikan karakter di SMA Kartika XIX – 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis survei dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil 178 siswa, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan gambaran nilai hasil rata-rata perolehan mengenai (i) tingkat budaya disiplin siswa sebesar 90,7% dengan kategori ‘sangat tinggi’ (ii) gambaran penerapan pendidikan karakter sebesar 88,77% dengan kategori ‘sangat tinggi’ (iii) hasil analisis regresi linier sederhana menunjukan terdapat pengaruh yang positif budaya disiplin siswa terhadap pendidikan karakter di SMA Kartika XIX - 2 Bandung. Hasil koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,408 dapat ditafsirkan bahwa budaya disiplin siswa berpengaruh sebesar 40,8% terhadap pendidikan karakter dengan kategori ‘cukup kuat’ dan sebagian lainnya sebesar 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penilitian ini. Dapat disimpulkan, budaya disiplin siswa berpengaruh positif ini akan menumbuhkan karakter lainnya yang baik, dari peraturan tata tertib disiplin sekolah yang diterapkan, siswa juga senantiasa mentaatinya maka akan semakin meningkat juga karakter lainnya untuk siswa. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak sekolah diharapkan dapat selalu konsisten dalam memberikan sanksi yang ada kepada pelanggar kedisiplinan. Saran kepada pendidik diharapkan dapat selalu memperhatikan kedisiplinan mulai dari dirinya sendiri karena sebagai contoh teladan baik bagi siswa. Saran kepada siswa diharapkan selalu konsisten mentaati kedisiplinan peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah dan disiplin dalam pembelajaran di kelas, karena sikap disiplin bermanfaat bagi kehidupan dirinya. Kata Kunci: Budaya Disiplin Siswa, Karakter Siswa, Pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:28
Last Modified: 18 Sep 2024 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70230

Actions (login required)

View Item View Item